Artikel

KKN UNDIP Kembangkan Wedang Uwuh Sebagai Minuman Anti Hipertensi dan Kolesterol

18 Agustus 2024 12:02:29  Admin  41 Kali Dibaca  Berita Lokal

Desa Temuireng, Klaten --

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Desa Temuireng kembangkan Wedang Uwuh sebagai minuman anti hipertensi dan kolesterol pada Senin (5/8).

Kegiatan ini melibatkan sembilan mahasiswa dari berbagai jurusan. Salah satunya yaitu mahasiswa program studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Azka Ghabith Diana.

Azka meberikan pengalaman kepada para audiens yang terdiri dari perwakilan setiap RT dan RW di Desa Temuireng tentang apa saja manfaat manfaat rempah yang terkandung dalam produk Wedang Uwuh.

Program ini dilaksanakan secara 2 tahap yakni pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2024, Melihat sebagian besar warga Desa Temuireng yang mengalami hipertensi dan kolesterol, Tim II KKN UNDIP berinisiasi untuk memberikan alternatif pengobatan alami dan berkhasiat bagi tubuh berupa Wedang Uwuh.

Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional dari Yogyakarta yang dibuat dari campuran daun-daunan dan rempah-rempah, menawarkan manfaat kesehatan yang signifikan, terutama dalam mengendalikan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Menurut para ahli, siapa pun yang mengonsumsi wedang uwuh secara teratur dapat merasakan penurunan tekanan darah dan kolesterol berkat kandungan jahe, kayu manis, dan daun pandan. Selain kaya akan manfaat, wedang uwuh juga menawarkan cita rasa yang hangat dan nyaman tetapi juga potensi manfaat kesehatan yang signifikan, terutama dalam hal pengendalian tekanan darah dan kadar kolesterol.

Meskipun bahan-bahan dalam wedang uwuh memiliki sifat antihipertensi dan antikolesterol, penggunaan wedang uwuh sebaiknya dilakukan sebagai bagian dari pola makan sehat secara keseluruhan.

Namun untuk hasil yang optimal, konsultasikan dengan profesional kesehatan mengenai cara terbaik untuk mengintegrasikan wedang uwuh dalam berbagai rutinitas harian.

Ayo Minum Wedang Uwuh supaya badanmu hangat dan yang pasti tetap sehat!

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Aparatur Desa

Back Next

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Temuireng, Dk. Temurejo 1004 Ds. Temuireng, Kec. Jatinom, Kab. Klaten
Desa : Temuireng
Kecamatan : Jatinom
Kabupaten : Klaten
Kodepos : 57481
Telepon :
Email : balaidesatemuireng@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:4
    Kemarin:112
    Total Pengunjung:50.866
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.189.157.185
    Browser:Mozilla 5.0