Artikel

Ayo Tumbuhkan Budaya Membaca! Inisiatif Literasi Mahasiswa KKN UNDIP di SDN 2 Temuireng

18 Agustus 2024 11:41:57  Admin  53 Kali Dibaca  Berita Lokal

Desa Temuireng, Klaten --

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro lestarikan budaya literasi di SDN 2 Temuireng pada Rabu (31/7).

Mahasiswa jurusan Sastra Indonesia, Lintang Leila mengangkat judul “Pentingnya Literasi: Ayo Tumbuhkan Budaya Membaca." Ini merupakan langkah Lintang untuk meningkatkan minat baca generasi muda di Desa Temuireng.

Literasi merupakan konsep yang luas dan mencakup berbagai aspek yang tidak hanya terbatas pada kemampuan dasar membaca dan menulis. Pada dasarnya, literasi adalah kemampuan seseorang untuk memahami, menganalisis, dan menggunakan informasi yang diperoleh dari teks tertulis dalam berbagai bentuk.

Namun, dalam perkembangan zaman dan teknologi, pengertian literasi telah berkembang menjadi lebih kompleks dan melibatkan berbagai keterampilan yang diperlukan di segala aspek kehidupan. Berdasarkan hasil survei Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2018, Indonesia menempati peringkat ke–62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah.

Program kerja tersebut bertujuan guna menumbuhkan kesadaran akan pentingnya literasi, khususnya untuk anak-anak usia Sekolah Dasar (SD). Lintang juga membuat sebuah sesi menulis dan bercerita agar anak-anak di SDN 2 Temuireng tersebut dapat mengungkapkan kreativitasnya dalam berliterasi.

“Ketika sampai di sesi terakhir, yaitu menulis dan bercerita, adik-adik SDN 2 Temuireng memiliki semangat dan antusias yang tinggi untuk menuangkan segala kreativitasnya dalam sebuah karangan bebas yang kemudian mereka ceritakan di depan teman-temannya,” ujar Lintang.

Selain itu, Lintang juga menyampaikan bahwa kesadaran akan pentingnya literasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  1. Membuat sudut baca yang nyaman dan menarik. Agar sudut baca nyaman dan menarik, anak-anak dapat menghias sudut baca tersebut dengan menambahkan pernak-pernik lucu ataupun buku-buku cerita kesukaannya.
  1. Membuat permainan yang melibatkan keterampilan membaca. Salah satu permainan yang melibatkan keterampilan membaca adalah mencocokkan kata dengan gambar. Hal ini dapat membantu mereka memahami makna kata dan meningkatkan keterampilan dalam bercerita.
  1. Membuat dan menulis cerita tentang kehidupan sehari-hari. Membuat dan menulis cerita di buku diary merupakan cara yang bagus bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD), karena dengan itu mereka dapat mengekspresikan perasaan sehingga nantinya mereka akan terbiasa untuk menerapkan kemampuan literasi tersebut.

Dengan demikian, program kerja ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran pentingnya berliterasi di lingkungan sekolah guna membantu siswa-siswa dalam mengakses, memahami, serta menganalisis informasi dari berbagai sumber.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Statistik Penduduk

Arsip Artikel

Aparatur Desa

Back Next

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Temuireng, Dk. Temurejo 1004 Ds. Temuireng, Kec. Jatinom, Kab. Klaten
Desa : Temuireng
Kecamatan : Jatinom
Kabupaten : Klaten
Kodepos : 57481
Telepon :
Email : balaidesatemuireng@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2
    Kemarin:112
    Total Pengunjung:50.864
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.21.248.77
    Browser:Mozilla 5.0